Mengupas Perbedaan SSD dan HDD


Sekarang ini sudah banyak beredar ultrabook sebagai pengganti notebook. Dengan ukuran yang sangat tipis ditambah performa yang menakjubkan, lambat laun ultrabook akan menggeser notebook dari dunia elektronik.

Terkhusus untuk saat-saat ini, ultrabook masih memiliki sisi negatif yang menjadikan pembeli urung untuk membelinya segera. Ya, kapasitas hardisknya yang rata-rata 128 GB dirasa sangat kurang untuk pengguna komputer jinjing ini.

Tapi untuk saat ini kita tidak akan membahas apa itu ultrabook, melainkan membandingkan hardisk SSD yang dimiliki ultrabook. Solid-State Drives (SSD) memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan HDD (Hard disk drive). Karena komponen SSD yang berupa chip, menjadikannya lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD.

Satu poin plus lagi, SSD tidak akan mengeluarkan bunyi ketika sedang bekerja keras untuk menjalankan sofware yang berat. Hal ini dikarenakan SSD tidak seperti HDD yang berupa piringan.
(gambar sebelah kiri HDD, sebelah kanan SSD)

Tapi sayang saat ini SSD masih belum dibuat masal, sehingga sulit kita temukan SSD dengan kapasitas yang besar sebagaimana HDD. Rata-rata yang dijual sekarang (awal 2013) berukuran 128 GB.

Tak bisa dipungkiri pula harga SSD saat ini masih tergolong sangat mahal. Tentunya bagi Anda yang ingin memiliki SSD harus sedikit bersabar beberapa tahun.

Berikut adalah sedikit cuplikan perbandingan antara SSD dan HDD.

Trending

KUMPULAN PUISI TERBAIK NIRWAN DEWANTO

Baca aja deh