cara memperpanjang umur hardisk


  Halo sobat webdesign,bagaimana punya kabar,saya berharap semoga selalu sehat dan dalam lindungan sang pencipta,kali ini saya akan bagikan tips cara memperpanjang umur hardisk,atau perangkat keras pada komputer kita,hardisk mempunyai fungsi penyimpan data pada sebuah komputer,hardisk sendiri merupakan komponen penting untuk sebuah komputer,karena komputer tanpa hardisk,tidak akan berfungsi.

 Berikut cara-cara yang harus sobat lakukan supaya komponen hardisk awet,tapi sebelumnya,akan saya jelaskan mengenai hardisk,seperti apa bentuknya dan bagaimana cara kerjanya,
  1. hardisk adalah piranti penyimpanan sekunder yang mana data yang disimpan sebagai magnetik pada sebuah piringan metal yang berputar dan terintegrasi.atau dapat di artikan dengan cakram keras.data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track.tiap track sendiri dibagi dalam beberapa segmen yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, hardisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada di setiap piringan.head inilah yang selanjutnya bergerak mencari sector-sector tertentu untuk melakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut dengan seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari sebuah track.waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency. Hardisk merupakan media penyimpan yang sudah di desain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang cukup besar.
  2. sedangkan cara kerja hardisk sebagai berikut hardisk akan bekerja dan memberikan informasi di mana data/informasi yang dibutuhkan tersedia,sampai kemudian menyatakan,informasi yang ada di track sekian sektor sekianlah yang kita butuhkan.pola penyajian informasi yang diberikan oleh hardisk sendiri biasanya mengikuti pola geometris.
 sekarang kita lanjutkan cara memperpanjang umur sebuah hardisk
  1. lakukan Defragment secara berkala,angkah baiknya jika dapat di lakukan setiap akan mematikan komputer
  2. gunakan aplikasi untuk membersihkan file-file sampah yang tersimpan di hardisk atau biasa di sebut junk file,bisa menggunakan Ccleaner setiap satu minggu sekali
  3. gunakan hardisk untuk menyimpan data sekitar 80 % dari ukuran hardisk
  4. jangan sering-sering melakukan format pada hardisk
 Demikian cara-cara yang bisa saya berikan supaya hardisk bisa bertahan lama dan jarang rusak,mungkin sobat webdesign ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar,terima kasih telah membaca artikel cara  memperpanjang umur hardisk.

Trending

KUMPULAN PUISI TERBAIK NIRWAN DEWANTO

Baca aja deh